Blog

Tahapan Uji Kompetensi Untuk Sertifikasi BNSP Berbasis Kompetensi

Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP

Sertifikasi BNSP oleh Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP) yang berlisensi BNSP tentu akan memberikan dampak yang signifikan pada diri individu yang bekerja. Tidak hanya akan meningkatkan rasa percaya diri tetapi akan memberikan bukti konkret bahwa individu tersebut layak akan pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan bidang yang kini ditekuni.

Sertifikasi BNSP sendiri memiliki berbagai macam kategori, mulai dari sertifikasi untuk bidang pemasaran, coating dan lain lain. Dan hal ini akan selalu didukung oleh Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP) dengan memberikan pelatihan pelatihan. Ada berbagai pilihan pelatihan seperti pelatihan bidang Ilegal, Bidang Teknik Informasi, sales dan marketing, Finance, Mechanical dan lain sebagainya.

Tahapan Uji Kompetensi Untuk Sertifikasi BNSP Berbasis Kompetensi

Lantas, sebenarnya apa saja yang dilakuka ketika Uji Kompetensi. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan anda membaca review terkait didalam artikel ini dan berbagai artikel lain didalam website sertifikasibnsp.org.

Apa Yang Dilakukan Ketika Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP

Hal pertama yang anda perhatikan adalah tujuan untuk mendapatkan Sertifikasi BNSP kompetensi yang sesuai dengan bidang kerja, Pendidikan yang pernah diikuti maupun pengalaman kerja pada bidang yang bersangkutan. Jika salah satu dari ketiga hal ini pernah anda dapatkan atau lakukan maka silahkan anda mengikuti uji kompetensi.

Sebelum anda mengikuti proses uji Kompetensi Sertifikasi BNSP, proses yang paling awal dilakukan adalah Pra-assessment. Proses pra assessment ini adalah prose berupa tanya jawab atau wawancara kepada calon peserta serta menjawab pertanyaan tulis. Dari sini akan didapatkan informasi terkait dengan kemampuan awal peserta. Apabila dirasa masih membutuhkan pembelajaran atau bingung, maka kami memberikan saran untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan bidang uji yang diambil.

Proses selanjutnya yakni uji kompetensi berupa tes tulis dan tes praktek. Proses pengujian dilakukan oleh penguji yang sudah memiliki lisensi dari BNSP. Pelaksanaana didalam proses pengujian sepenuhnya menggunakan meteri uji kompetensi yang telah disusun berdasarkan standar kompetensi yang sudah ditetapkan.

Jika proses uji kompetensi sudah dilaksanakan maka pihak asesor akan memberika rekomendasi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi untuk memberikan pertimbangan terkait keputusan kelulusan peserta. Bagi peserta yang dinyatakana lulus dalam proses uji Kompetensi Sertifikasi BNSP maka akan diberikan sertifikasi. Namun jika peserta belum dinyatakan lulus, maka peserta bisa mengikuti uji kompetensi ulang atau menyatakan banding.

Yang Harus Dipersiapkan Untuk Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP pengetahuan yang sesuai dengan bidang uji yang akan dikuti atau pun pengalaman seputar bidang yang akan diujikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *