Blog

Sertifikasi Profesi BNSP, Cara Mendapatkannya dan Manfaatnya

Sertifikasi Profesi – Pada era globalisasi yang sudah serba maju ini, banyak sekali perkembangan yang terjadi di berbagai bidang, termasuk bentuk-bentuk kerjasama antar Negara yang mulai meningkat, baik di bidang ilmu pengetahuan, bidang politik, maupun bidang ekonomi dan pada bidang lainnya.

Dari berbagai bentuk kerjasama tersebut, pada akhirnya menumbuhkan terjadinya perkembangan mobilitas SDM, barang, dan juga jasa. Berbagai macam bentuk kerjasama antar Negara pun akhirnya terbentuk, seperti contohnya adalah AFTA (Asean Free Trade Area), ASEAN ( Association Of South East Asian Nations), ASEM ( Asia-Europe Meeting) dan lain sebagainya.

Pasar bebas bagi tiap-tiap Negara menjadi suatu ajang persaingan tanpa batas terlebih untuk bidang ekonomi. Setiap Negara pastinya ingin negaranya menjadi yang terbaik dan unggul di persaingan internasional tersebut demi eksistensi Negara, perkembangan ekonomi serta kemakmuran bangsanya.

Karena itu perkembangan dalam aspek ketenagakerjaan erat kaitannya dengan berbagai bidang, terlebih untuk sekarang ini dimana makin besar kesempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Hal ini dapat kita rasakan, banyaknya arus tenaga kerja warga Negara asing yang dipekerjakan untuk menempati posisi di pasar kerja Indonesia, begitu pula sebaliknya. Banyak warga Negara Indonesia yang bekerja di Negara-negara lain.

Untuk mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas dan profesional yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha, maka diperlukan standar baku untuk menjadi acuan efektivitas dan efisiensi pada program pendidikan dan juga pelatihan-pelatihan kerja yang mengarah pada SKKNI ( Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) bertaraf Internasional.

Banyak usaha yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan dari dunia usaha tersebut, dengan adanya standar yang tepat guna dan berdaya guna, maka dibutuhkan SKKNI yang dapat menjamin SDM Indonesia supaya mampu memenuhi kualifikasi kompetensi kerja yang dibutuhkan dalam melaksanakan dan menjalankan tugas atau pekerjaan dengan baik. Hal ini sesuai dengan acuan dari Undang-undang nomor 3 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Selanjutnya berdasarkan Peraturan Nomor 23 tahun 2004 yang berpedoman pada Undang-undang nomor 13 tahun 2003 maka dibentuklah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang berperan sebagai lembaga pelaksana uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi kerja.

BNSP dibentuk sebagai lembaga penjamin mutu kompetensi dalam rangka untuk perkembangan dan peningkatan daya saing di pasar nasional maupun tingkat internasional. BNSP ada untuk memajukan dan meningkatkan perkembangan SDM berbasis kompetensi. SDM yang dinilai memenuhi kompetensi yang diujikan maka akan diberi sertifikasi kompetensi berlisensi BNSP.

Dalam rangka untuk perkembangan SDM berbasis kompetensi, ada tiga gagasan utama yang harus dikembangkan, di antaranya adalah peningkatan standar kompetensi nasional, peningkatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, serta pengembangan kelembagaan sertifikasi kompetensi yang independen.

Dalam melakukan tugasnya, BNSP dapat melimpahkan wewenang pelaksanaan uji coba kompetensi dan sertifikasi kompetensi ke pihak lembaga uji kompetensi atau lembaga sertifikasi profesi melalui lisensi.

Visi Misi dan Tugas BNSP

Sertifikasi Profesi BNSP
Sertifikasi Profesi BNSP

BNSP memiliki tugas sebagai lembaga otoritas sertifikasi yang independen dan tepercaya di dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di setiap bidangnya, di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selanjutnya untuk Misi BNSP yaitu sebagai lembaga untuk mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi yang tepercaya. Meningkatkan rekognisi dan daya saing SDM Indonesia di dalam maupun di luar negeri. Membangun kerjasama saling mengakui sertifikasi kompetensi secara internasional.

Kemudian BNSP memiliki tugas untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk tenaga kerja. Di dalam menjalankan tugasnya, BNSP memiliki fungsi: verifikasi standar kompetensi, pemberian lisensi, pengawanan pelaksanaan sertifikasi kompetensi, kerjasama kelembagaan, pengembangan sistem dan manajemen mutu.

BNSP biasanya akan menjalin kerjasama yang berkaitan dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Lembaga Profesi, Asoasi Profesi, maupun lembaga sejenis dan Pembina kelembagaan. Keanggotaan dan organisasi BNSP, Kepengurusan BNSP tersusun dari ketua merangkap sebagai anggota dan anggota yang terdiri dari unsur pemerintah dan unsur dari masyarakat. Mereka mewakili untuk sektor ekonomi dan berbagai bidang profesi.

Kemudian apa itu Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) ?

Lembaga Sertifikasi BNSP
Lembaga Sertifikasi BNSP

Lembaga sertifikasi Profesi (LSP) merupakan lembaga yang sifatnya independen dan profesional dalam mengembangkan dan meningkatkan standarisasi kompetensi kerja, melaksanakan verifikasi tempat uji kompetensi, yang berpedoman pada ISO 117011.

LSP dapat melaksanakan tugasnya dalam kegiatan sertifikasi profesi setelah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Pemberian lisensi dilakukan lewat proses akreditasi yang dilakukan oleh BNSP yang selanjutnya memberi pernyataan bahwa LSP yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk menjalankan kegiatan sertifikasi profesi.

Tugas dan Wewenang Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Sebagai lembaga yang melaksanakan uji sertifikasi kompetensi, LSP mempunyai tugas:

  • Mengkaji ulang standar kompetensi
  • Menyiapkan pengembangan sertifikasi
  • Mengembangkan standar kompetensi
  • Membuat materi uji kompetensi
  • Menyiapkan penguji (Asesor)
  • Melakukan asesmen
  • Menjaga kinerja asesor dan tempat ujian kompetensi (TUK)
  • Mempersiapkan kualifikasi yang mengacu pada SKKNI

Untuk wewenang LSP yaitu:

  • Menentukan biaya kompetensi
  • Menerbitkan sertifikasi kompetensi
  • Membatalkan maupun mencabut sertifikasi kompetensi
  • Menentukan dan memverifikasi Tempat Ujian Kompetensi (TUK)
  • Memberikan sanksi ke pada Asesor maupun Tempat Ujian Kompetensi (TUK) jika melakukan pelanggaran
  • Merekomendasikan standar kompetensi yang baru

Mengapa Harus Memiliki Sertifikasi BNSP ?

Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP
Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Untuk mampu bersaing di pasar ekonomi tingkat internasional, sangat perlu untuk meningkatkan dan mempersiapkan kompetensi SDM sejak dari dini agar bisa memperebutkan dan mendapatkan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai bidang pekerjaan.

Untuk acuan dalam melaksanakan pembinaan, mempersiapkan SDM yang berkompeten dan bermutu, dan berlaku secara nasional di wilayah NKRI maka perlu menggunakan SKKNI.

SKKNI merupakan penjabaran dari kemampuan yang melingkupi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang minimal harus dimiliki seseorang untuk bisa mendapatkan jabatan tertentu yang berlaku secara nasional.

Dan pada saat ini kebutuhan industri semakin meningkat dan banyak membutuhkan tenaga kerja yang ahli. Tidak cukup hanya memiliki keahlian saja, akan tetapi keahlian tersebut harus tervalidasi oleh badan yang diakui oleh Negara dan mengacu pada standar global.

Untuk menghadapi tantangan tersebut kami PT CATRA INDO GROUP menghadirkan informasi dan pelatihan-pelatihan atau training berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP oleh trainer berpengalaman yang telah mendapatkan lisensi BNSP, dan uji kompetensi oleh Asesor dari LSP berlisensi dari BNSP.

Program pelatihan sertifikasi kompetensi nasional ini diperuntukan untuk siapa pun yang membutuhkan, khususnya tenaga kerja yang ingin bisa bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif dan berkembang ini, terlebih dengan seiring sudah diberlakukannya ASEAN ECONOMIC COMMUNITY.

Dengan berlakunya ASEAN ECONOMIC COMMUNITY, maka memiliki keterampilan dan keahlian yang tervalidasi oleh Negara dan secara global menjadi sangat penting dan berpengaruh. Karena  persaingan yang datang di dunia kerja tidak hanya dari dalam negeri saja, melainkan juga dari Negara-negara asing.

Banyak manfaat yang nantinya akan Anda dapatkan, dengan mengikuti pelatihan kompetensi akan dapat meningkatkan motivasi, minat dan juga income serta memperluas bidang bisnis bagi instansi. Meningkatkan kualitas para peserta ke arah profesional dengan standar internasional, mengembangkan kemampuan dan keahlian melalui pendekatan teknis yang dibimbing oleh para ahli di bidangnya yang juga telah mendapatkan lisensi dari BNSP., meningkatkan kemampuan dan keahlian untuk dapat mengembangkan karier dalam industri, dan untuk membangun fondasi yang kuat untuk membangun karier di masa depan.

Tujuan kami adalah untuk menciptakan dan meningkatkan potensi sumber daya manusia agar dapat memiliki kemampuan yang spesifik sesuai dengan tuntutan dunia kerja, mengembangkan dan meningkatkan keahlian tenaga profesional yang memiliki kompetensi  dan tersertifikasi oleh Negara di bidangnya, sehingga mampu bersaing di era globalisasi secara umum.

Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Manfaat Memiliki Sertifikasi Profesi BNSP
Manfaat Memiliki Sertifikasi Profesi BNSP

Manfaat sertifikasi BNSP bagi tenaga kerja:

  • Menambah dan meningkatkan mobilitas serta daya saing tenaga kerja
  • Mendapatkan pengakuan atas pengakuan kompetensi tenaga kerja
  • Memperbesar prospek karier tenaga kerja
  • Menambah tingkat keselamatan tenaga kerja
  • Menambah rasa percaya diri dan kebanggaan tenaga kerja

Manfaat sertifikasi BNSP bagi pihak perusahaan:

  • Mempermudah pihak perusahaan untuk proses rekrutmen dan seleksi personil
  • Mempermudah pihak perusahaan untuk menentukan penempatan dan penugasan
  • Mempermudah pihak perusahaan untuk melakukan pengaturan remunesasi dan kompensasi
  • Mempermudah pihak perusahaan untuk melakukan pengaturan pengembangan karier dan diklat
  • Meningkatkan keselamatan kerja
  • Meningkatkan produktifitas

Manfaat sertifikasi BNSP bagi Pemerintah dan Masyarakat

  • Mengembangkan efisiensi dan efektifitas bursa kerja
  • Meningkatkan daya saing kerja di pasar kerja global
  • Menambah mutu serta produktivitas perusahaan
  • Menambah kesejahteraan dan perlindungan tenaga kerja
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas diklat
  • Meningkatkan dan memacu pertumbuhan ekonomi
  • Menurunkan tingkat pengangguran

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP ?

Cara mendapatkan Sertifikasi BNSP
Cara mendapatkan Sertifikasi BNSP

Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi BNSP ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi kami PT CATRA INDO GROUP yang merupakan lembaga yang menyediakan berbagai pelatihan sertifikasi profesi berbagai bidang berlisensi BNSP.

PT CATRA INDO GROUP sebagai pusat informasi dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP dan uji kompetensi BNSP oleh Asesor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya yang juga telah mendapat lisensi dari BNSP.

Hubungi kami:

PT. CATRA INDO GROUP

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp. 0274-4541881, Fax 0274-4541881

WA/CALL 0822 1326 2092

Website: www.catraindogroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *