Blog

Sertifikasi BNSP dan Manfaat Penting yang Bisa Diperoleh

Sertifikasi BNSP – Pada saat ini di era globalisasi yang sering disebut juga dengan pasar bebas-red, telah banyak memunculkan bentuk-bentuk kerja sama antar Negara di berbagai bidang, baik di bidang ilmu pengetahuan, ilmu politik, bidang ekonomi dan lain sebagainya.

Dari bentuk-bentuk kerja sama tersebut, akhirnya menimbulkan terjadinya peningkatan mobilitas manusia, barang, dan juga jasa. Dari sekian banyak bentuk kerja sama antar Negara, salah satunya adalah AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang mulai dijalankan sejak tahun 2002 yaitu untuk menerapkan pasar bebas.

Ada juga APEC (Asia Pacific Economic Cooperation) yang rencananya akan berlaku pada tahun depan, yaitu tahun 2020. Serta ada juga WTO (World Trade Organization) yang dijalankan pada tahun 2010.

Bentuk-bentuk pasar bebas ini, bagi tiap-tiap Negara akan menjadi ajang persaingan ekonomi tanpa batas untuk menjadi yang lebih unggul di persaingan pasar. Setiap Negara pasti akan berusaha untuk memenangkan persaingan tersebut demi eksistensi Negara, keselamatan, serta kemakmuran bangsanya.

Sertifikasi BNSP
Sertifikasi BNSP

Hubungannya dengan aspek ketenagakerjaan, globalisasi sangat berkaitan dengan terbukanya kesempatan kerja di dalam maupun di luar negeri. Hal ini dapat kita lihat dengan terjadinya arus tenaga kerja warga Negara asing yang dipekerjakan untuk mengisi pasar kerja di Negara Indonesia.

Untuk bisa memperoleh tenaga kerja profesional yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan dunia usaha, maka dibutuhkan adanya standar baku yang mengacu kepada  efektivitas dan juga efisiensi pada program pendidikan serta pelatihan kerja yang mengarah pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bertaraf internasional.

Usaha-usaha yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dunia usaha dan pasar kerja tersebut, dengan standar berdaya guna dan tepat guna, maka perlu disusun SKKNI yang bisa menjamin Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia agar mempunyai kualifikasi kompetensi kerja yang diperlukan di dalam menjalankan tugas atau pekerjaan tersebut dengan baik. Hal ini sesuai amanat yang terdapat dalam Undang Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Maka berdasarkan Peraturan Nomor 23 tahun 2004 atas rujukan dari Undang-undang Nomor 13 tahun 2003, maka dibentuklah Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai lembaga pelaksana uji kompetensi dan sertifikasi kompetensi kerja.

Pada dasarnya BNSP ini dibentuk sebagai lembaga penjamin mutu kompetensi dalam rangka untuk peningkatan daya saing nasional dan internasional. BNSP bertujuan untuk memajukan dan mengembangkan SDM berbasis kompetensi. Tenaga kerja yang dinilai memiliki kompetensi yang memenuhi akan diberi sertifikasi kompetensi berlisensi BNSP.

Di dalam peningkatan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi terdapat tiga pilar utama yang harus dibangun, di antaranya yaitu peningkatan standar kompetensi nasional, peningkatan pendidikan dan pelatihan berbasis kompetensi, dan juga peningkatan sistem serta kelembagaan sertifikasi kompetensi yang independen. Di dalam menjalankan tugasnya, BNSP bisa mendelegasikan pelaksanaan uji coba kompetensi dan sertifikasi kompetensi profesi kepada lembaga uji kompetensi / Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) melalu lisensi.

Visi Misi BNSP

Visi BNSP adalah untuk menjadi lembaga otoritas sertifikasi yang independen dan terpercaya dalam menjamin kompetensi tenaga kerja di dalam maupun di luar negeri,

Misi BNSP yaitu mengembangkan sistem sertifikasi kompetensi yang terpercaya. Meningkatkan rekognisi dan daya saing tenaga kerja Indonesia di dalam maupun di luar negeri. Membangun kerja sama saling pengakuan sertifikasi kompetensi secara internasional.

Tugas dan Fungsi BNSP

BNSP memiliki tugas melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk tenaga kerja. Dalam pelaksanaan tugas tersebut BNSP melaksanakan fungsi : verifikasi standar kompetensi, pemberian lisensi, pengaturan dan pengendalian pelaksanaan sertifikasi kompetensi, kerja sama kelembagaan dan promosi, pengembangan sistem dan manajemen mutu.

Kerja sama Kelembagaan BNSP

BNSP menjalin kerja sama yang berkaitan dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN), Asosiasi Profesi, Lembaga Pelatihan Profesi, serta lembaga sejenis dan Pembina kelembagaan. Keanggotaan dan organisasi BNSP, Kepengurusan BNSP terdiri dari ketua merangkap anggota dan anggota yang tersusun dari unsur pemerintah dan unsur masyarakat. Mereka mewakili sektor ekonomi dan berbagai bidang profesi.

Pengertian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga yang bersifat independen dan profesional dalam meningkatkan dan mengembangkan standarisasi kompetensi kerja, melakukan verifikasi terhadap tempat uji kompetensi yang berpedoman pada ISO 17011.

LPS melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Lisensi diberikan lewat proses akreditasi yang dilaksanakan oleh BNSP yang kemudian menyatakan bahwa LSP yang bersangkutan telah memenuhi syarat untuk melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi.

Tugas dan Wewenang LSP

Sebagai lembaga yang melaksanakan uji sertifikasi kompetensi, LSP memiliki tugas sebagai berikut:

  • Membuat materi uji kompetensi
  • Menyiapkan Asesor (penguji)
  • Melakukan asesmen
  • Menyiapkan kualifikasi yang mengacu kepada SKKNI
  • Menjaga kinerja asesor dan Tempat ujian kompetensi (TUK)
  • Menyiapkan pengembangan sertifikasi
  • Mengembangkan standar kompetensi
  • Mengkaji ulang standar kompetensi

LSP berwenang untuk:

  • Menetapkan biaya kompetensi
  • Menerbitkan sertifikasi kompetensi
  • Membatalkan atau mencabut sertifikasi kompetensi
  • Menetapkan dan memverifikasi tempat ujian kompetensi (TUK)
  • Memberikan sanksi kepada TUK atau Asesor jika melakukan pelanggaran
  • Mengusulkan standar kompetensi yang baru

Kenapa Sebuah Pekerjaan Perlu Di Sertifikasi

Pelatihan Sertifikasi BNSP
Pelatihan Sertifikasi BNSP

Perlunya untuk mempersiapkan kompetensi SDM sejak dini agar mampu bersaing untuk menjadi yang paling unggul dalam memperebutkan kesempatan kerja yang tersedia di berbagai bidang profesi dan pekerjaan.

Sebagai acuan dalam pembinaan, mempersiapkan SDM yang berkualitas dan berkompeten yang diakui oleh stake holder ( seluruh pemangku kepentingan) dan berlaku secara nasional di wilayah NKRI maka perlu menggunakan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

SKKNI merupakan uraian kemampuan yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang minimal harus ada pada seseorang itu untuk menempati jabatan tertentu yang berlaku secara nasional.

Manfaat Memiliki Sertifikasi Kompetensi Profesi

Manfaat sertifikat BNSP

Sebagai bukti untuk memberikan gambaran akan kemampuan kompetensi seseorang pada profesi suatu bidang, maka dibutuhkan bukti yang diakui secara hukum. Itulah fungsi dari manfaat sertifikat BNSP yang wajib diketahui.

Guna mengetahui lebih jelas lagi mengenai manfaat sertifikasi BNSP kompetensi profesi, simaklah beberapa ulasan berikut ini:

1. Bagi Tenaga Kerja

  • Meningkatkan daya saing tenaga kerja
  • Meningkatkan mobilitas tenaga kerja
  • Memperbesar prospek karier tenaga kerja
  • Menambah tingkat keselamatan pribadi tenaga kerja
  • Menumbuhkan rasa percaya diri tenaga kerja

2. Bagi Sebuah Perusahaan

  • Mempermudah perusahaan untuk menyeleksi dan merekrut tenaga kerja
  • Mempermudah perusahaan untuk mengatur penempatan dan penugasan tenaga kerja
  • Mempermudah perusahaan untuk mengatur kompensasi dan remunerasi
  • Mempermudah perusahaan dalam mengembangkan karier dan Diklat
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan

3. Bagi Pemerintah Dan Pemerintah

  • Meningkatkan daya saing kerja di pasar kerja global
  • Mengembangkan efisiensi dan efektivitas bursa kerja
  • Meningkatkan produktivitas dan mutu perusahaan
  • Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran tenaga kerja
  • Meningkatkan efisiensi dan efektivitas Diklat

Dampak yang pasti yang akan di dapatkan adalah akan semakin tumbuh dan berkembangnya ekonomi nasional dan menurunkan tingkat pengangguran. Selain itu dengan adanya sertifikasi kompetensi profesi ini, tenaga kerja akan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang cocok.

Kemudian untuk bisa mendapatkan sertifikasi BNSP ini, anda tidak perlu khawatir dan bingung. Karena kami punya solusinya untuk Anda. Anda bisa menghubungi kami CATRA INDO GROUP sebagai lembaga yang menyediakan berbagai pelatihan ataupun sertifikasi untuk profesi di berbagai bidang berlisensi BNSP.

PT CATRA INDO GROUP sebagai pusat informasi dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP dan uji kompetensi BNSP oleh Asesor berpengalaman dan profesional dalam bidangnya yang telah berlisensi BNSP.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di jam kerja setiap Senin-Jum’at, 08.00-16.00 WIB. Hubungi pada kontak berikut ini:

Hubungi Kami:

PT Catra Indo Group

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp.( 0274-4541881)  atau  WA/CALL 0822 1326 2092

Website : www.catraindogroup.com

Email : catraindogroup@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *