Select Page

BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) merupakan Badan nasional yang mempunyai tanggung jawab langsung kepada Kepala Negara. BNSP diadakan sebagai instansi yang berfungsi untuk melaksanakan sertifikasi profesi kepada calon pekerja Indonesia.

Garis besarnya, Badan Nasional Sertifikasi Profesi(BNSP) berkedudukan sebagai pihak penjamin kualitas dari pengetahuan dan skill SDM Indonesia dalam rangka untuk mengembangkan kompetensi daya saing nasional. BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dibangun atas dasar Peraturan Nomor 23 tahun 2004 dengan acuan pada Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

Pengadaan Badan Nasional Sertifikasi Profesi menjadi bagian terstruktur dari pengembangan sistem kelembagaan dengan paradigma yang sudah diperbarui untuk peningkatan dan pengembangan Sumber Daya Manusia berbasis kompetensi.

Dalam Proses Peningkatan kompetensi tersebut terkandung tiga pilar baku yang wajib dikembangkan, diantaranya yaitu: kenaikan standar kompetensi nasional, kenaikan pendidikan dan pengajaran dengan basis kompetensi, serta peningkatan sistem kelembagaan sertifikasi kompetensi yang bisa berdiri sendiri.

Dalam menyelenggarakan perannya, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dapat memberikan berlangsungnya pelaksanaan uji coba kompetensi serta menjalankan sertifikasi kompetensi kepada Lembaga-lembaga yang berkaitan seperti Lembaga Uji Kompetensi lewat Lisensi.

Tugas BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Sistem dan kebijakan sertifikasi kompetensi BNSP dijalankan bertujuan guna memajukan mutu Sumber Daya Manusia di banyak segmen, misalnya saja seperti mereka yang masih dalam pendidikan formal, mereka yang bekerja mandiri, mereka yang masih mencari pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri dan yang lainnya.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) mempunyai tanggung jawab penting dalam mencapai peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang menjadi prioritas nasional yang dibangun oleh pemerintah. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai badan negara memiliki tugas dan fungsi diantaranya yaitu:

  1. Menjalankan tugas dalam upaya pengembangan dan peningkatan sistem sertifikasi kompetensi profesi.
  2. Melaksanakan tugas dalam usaha pengembangan dan peningkatan sistem sertifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi.
  3. Meninjau dan melakukan pengawasan kepada pelaksanaan sistem sertifikasi profesi nasional.
  4. Mengupayakan untuk kemajuan pengakuan sertifikasi kompetensi nasional dan juga internasional.
  5. Meningkatkan kerjasama antar lembaga, di bidang sertifikasi kompetensi baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.
  6. Melakukan integrasi dan peningkatan pada sistem data dan informasi sertifikasi profesi kerja.

Cara Mendapatkan Sertifikasi Kompetensi BNSP

Jika Anda ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi profesi BNSP, yang mesti diketahui terlebih dulu ialah kapasitas apa yang Anda perlukan untuk membantu mempunyai sertifikasi kompetensi berlisensi BNSP.

Perlu dipahami bahwa kompetensi adalah penggabungan antara keahlian, sikap, dan pengetahuan yang ada di diri seseorang. Ketiga unsur itu dapat dilihat dari masalahmasalah yang Anda hadapi, dan itu semua bisa dijadikan tolok ukur seberapa kompetensi Anda.

Secara garis besar kompetensi itu sendiri bisa digolongkan menjadi dua, antara lain kompetensi teknik dan kompetensi manajerial. Kompetensi teknik merupakan keahlian yang ada hubungannya dalam peranan dari tugas kerja yang digeluti, selanjutnya untuk kompetensi manajerial adalah keterampilan yang hubungannya dengan pengurusan karyawan dan juga cara meningkatkan korelasi dengan keryawan maupun orang lain.

Untuk memverifikasi bahwa Anda berkompetensi dan mempunyai pengetahuan yang baik dalam profesi yang Anda geluti, Anda perlu menjalani ujian kompetensi yang akan menggambarkan hasil apakah Anda berkompeten sebagai profesional atau belum.

Orang yang kompeten akan dinyatakan dengan diberikannya sertifikat kompetensi dari lembaga sertifikasi profesi yang terlisensi BNSP, dengan mempunyai sertifikasi kompetensi profesi ini dapat menandakan dan meningkatkan kredibilitas Anda. Oleh sebab itu untuk Anda yang mau lebih maju di bidang profesi yang Anda tekuni, sangat direkomendasikan untuk dapat mengikuti uji kompetensi di Lembaga uji Sertifikasi Profesi yang terlisensi BNSP.

Supaya mampu meraih sertifikasi kompetensi BNSP ini para tenaga kerja supaya menjalani pembahasan materi dan training untuk dapat lulus ujian kompetensi. Kami PT Catra Indo Group mengadakan banyak pelatihan dan pembelajaran materi yang dibutuhkan untuk bisa sukses dalam uji kompetensi dan meraih sertifikasi kompetensi profesi berlisensi BNSP.

Pelatihan (training) dan proses pembelajaran akan dilakukan oleh trainer (asesor) yang ahli dan berpengalaman di bidang profesinya. Sehingga bisa dipastikan peserta yang akan menghadapi uji Kompetensi akan lebih siap mengerjakan tes uji kompetensi dan berpeluang besar lulus uji kompetensi.

Standar Kompetensi Profesi

Secara nasional standar kompetensi kerja yakni SKKNI dengan kepanjangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, yang merupakan rumusan kemampuan kerja yang terdiri dari aspek keahlian, sikap kerja, dan pengetahuan yang signifikan dengan pelaksanaan tanggung jawab dan syarat posisi yang ditentukan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Jika seorang dapat lulus uji kompetensi tersebut dan memenuhi standar kompetensi maka bisa dikatakan dia telah menguasai:

  1. Task Skill / Transfer
  2. Skill Task management
  3. Skill Contigency Skill Environment Skill

(SKKNI (Standar kompetensi kerja nasional Indonesia) dapat dipakai di dalam lembaga-lembaga yang ada misalnya lembaga sertifikasi profesi, lembaga pendidikan, perusahaan dan lain sebagainya.

Pada Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan

SKKNI dapat dipakai sebagai pedoman dalam merancang kurikulum berbasis kompetensi dan pengembangan pengajaran, sekaligus mendrong konsistensi di dalam melakukan proses pelatihan dan pendidikan, serta dalam menentukan kualifikasi.

Pada Perusahaan / Dunia Usaha

SKKNI dapat dimanfaatkan sebagai alat manajemen, di antara dalam:

  • Menunjang dalam menentukan organisasi kerja dan penentuan posisi.
  • Mempermudah dalam evaluasi karyawan dan pengembangannya.
  • Memudahkan dalam perekrutan tenaga kerja baru.
  • Membantu dan memudahkandalam pengembangan program yang bentuknya spesifik untuk memenuhi keperluan perusahaan.

Pada Lembaga Sertifikasi Profesi

SKKNIStandar kompetensi kerja nasional Indonesia dapat dipakai dalam acuan dalam merumuskan:

  • Standar kualifikasi
  • Alat ukur pengujian dan kriteria pengujian

Mengapa Harus Memiliki Sertifikasi BNSP

Kita mesti tahu bahwa dunia bisnis nasional dan bahkan internasional sekarang ini menuntut untuk tersedianya SDM yang memiliki skill dan pengetahuan pada setiap bidang profesinya. Banyak sekali badan industry yang menentukan persyaratan supaya karyawan mempunyai sertifikasi kompetensi profesi yang kredibel.

Di beberapa negara bahkan sudah banyak yang membuat aturan bahwa pekerja yang ingin bekerja diwajibkan untuk memperloleh sertifikasi kompetensi profesi yang terlisensi oleh Badan Negara yang sah.

Dan berikut alasan kenapa harus memiliki sertifikasi Profesi BNSP:

  1. Membuktikan kepada pihak perusahaan bahwa “saya mempunyai pengetahuan dan keahlian” di bidang yang ditekuni.
  2. Memperoleh pengakuan profesi dan kompetensi dari negara.
  3. Menumbuhkan keyakinan diri akan kemampuan sendiri
  4. Nilai plus tersendiri bagi pencari kerja dalam proses rekruitmen
  5. Untuk memenuhi tuntutan sistem industri (ISO, SNI) yang mempersyaratkanagar personil tenaga kerja supaya memiliki sertifikasi kompetensi profesi resmi.

Manfaat Sertifikasi BNSP

Di waktu akan memasuki dunia kerja, tenaga kerja yang ingin memperoleh pekerjaan yang baik disarankan harus memiliki kemampuan yang diakui secara hokum. Namun, mempunyai pengetahuan saja kemungkinan besar belum tentu cukup. Pastinya akan lebih bagus bila skill tersebut dapat dibuktikan dengan bukti yang sah.

Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Negara kita telah membentuk badan nasional sertifikasi profesi BNSP yang dapat menjadi bukti bahwa yang bersangkutan memiliki kecakapan dan keahlian dalam bidangnya.

Dengan keterampilan dan keahlian diri yang diakui oleh negara, yang pasti akan memberikan banyak manfaat di dunia kerja,

Berikut ini manfaat-manfaat dengan adanya sertifikasi profesi BNSP:

Bagi tenaga kerja

  • Sebagai bukti kompetensi
  • Mengangkat karier
  • Membuka kesempatan yang lebih luas
  • Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik
  • Sebagai bukti kompetensi
  • Membuka kesempatan yang lebih luas
  • Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik
  • Meningkatkan mobilitas dan daya-saing tenaga kerja
  • Meningkatkan pengakuan atas kompetensi tenaga kerja
  • Meningkatkan prospek karier tenaga kerja
  • Meningkatkan keselamatan pribadi tenaga kerja
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan tenaga kerja

Bagi sebuah Perusahaan

  • Memudahkan perusahaan untuk rekrutmen dan seleksi personil
  • Memudahkan perusahaan untuk penempatan dan penugasan
  • Memudahkan perusahaan untuk pengaturan remunesasi dan kompensasi
  • Memudahkan perusahaan untuk mengaturan pengembangan karier dan diklat
  • Meningkatkan produktivitas perusahaan Meningkatkan keselamatan ditempat kerja

Bagi Pemerintah Dan Masyarakat

  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi bursa kerja
  • Meningkatkan daya saing kerja di pasar kerja global
  • Meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan
  • Meningkatkan perlindungan dan kesejahteraan tenaga kerja
  • Meningkatkan efektivitas dan efisiensi diklat
  • Mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah
  • Menurunkan tingkat pengangguran

Lihat Daftar Katalog Program Sertifikasi BNSP di WhatsApp Kami