Blog

Info Pelatihan Sertifikasi Kompetensi BNSP

Pengertian BNSP

BNSP yang kepanjangannya Badan Nasional Sertifikasi Profesi merupakan Badan nasional yang mempunyai tanggung jawab langsung kepada Presiden. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dibuat sebagai lembaga guna menjalankan sertifikasi profesi untuk Sumber Daya Manusia Indonesia.

Pada dasarnya BNSP berperan sebagai dewan penjamin nilai dari kualitas SDM Indonesia dalam rangka untuk mengembangkan kapasitas daya saing nasional. BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) didirikan atas dasar Peraturan Nomor 23 tahun 2004 yang bertumpu pada Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Pembentukan BNSP sebagai bagian terstruktur dari pengembangan sistem kelembagaan dengan matriks yang sudah diperbarui demi pengembangan SDM berbasis kompetensi.
Dalam pembangunan tersebut terdapat tiga fondasi fundamental yang perlu dimiliki, diantaranya yaitu: peningkatan standar kompetensi nasional, kenaikan pendidikan serta pelatihan dengan basis kompetensi, dan juga pengembangan sistem kelembagaan sertifikasi kompetensi yang mandiri.

Dalam menyelenggarakan tugasnya, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) bisa menugaskan pengadaan test kompetensi dan menyelenggarakan sertifikasi kompetensi kepada Lembaga-lembaga yang berkaitan seperti Lembaga Sertifikasi profesi lewat Lisensi.

Tugas BNSP

Tugas-tugas BNSP
Tugas-tugas BNSP

Sistem dan kebijakan sertifikasi kompetensi profesi BNSP diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan mutu SDM di berbagai bagian, misalnya saja seperti mereka yang masih mengikuti pendidikan formal, mereka yang baru saja lulus dari pendidikan formal mereka yang masih mencari pekerjaan, mereka yang bekerja mandiri , mereka yang bekerja naun belum mendapatkan fasilitas ang layak mereka yang sedang bekerja baik semua itu terjadi di dalam maupun di luar negeri, dan lain sebagainya.

Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) memiliki peran penting demi mencapai pengembangan mutu SDM (Sumber Daya Manusia) yang sebagai prioritas utama yang dibangun oleh pemerintah. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sebagai badan nasional memiliki fungsi dan tugas antara lain:

1. Melaksanakan tugas dalam upaya pengembangan dan peningkatan sistem sertifikasi kompetensi profesi.
2. Menjalankan tugas dalam upaya pengembangan dan peningkatan sistem sertifikasi pendidikan dan pelatihan vokasi.
3. Membina dan melakukan pengawasan kepada pelaksanaan sistem sertifikasi kompetensi profesi nasional.
4. Mengusahakan untuk pengembangan akreditasi sertifikasi kompetensi nasional dan juga internasional.
5. Memajukan kerjasama antar lembaga, di bidang sertifikasi kompetensi baik di tingkat nasional maupun di tingkat internasional.
6. Meningkatkan integrasi dan pendataan pada sertifikasi profesi kerja.

Cara Memperoleh Sertifikasi Kompetensi BNSP

Cara Mendapatkan Sertifikasi Profesi Berlisensi BNSP
Cara Mendapatkan Sertifikasi Profesi Berlisensi BNSP

Sebelum Anda mencari sertifikasi kompetensi profesi BNSP, yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah kompetensi apa yang Anda perlukan untuk membantu memiliki sertifikasi profesi berlisensi BNSP.

Yang perlu dipahami bahwa kompetensi merupakan perpaduan antara attitude, pengetahuan, dan keterampilan pada tenaga kerja. Ketiga faktor tersebut dapat diketahui dari beberapa penilaian di saat Anda dihadapkan dengan suatu pekerjaan, dan semua itu bisa menjadi nilai seberapa tinggi kompetensi yang Anda miliki.

Secara garis besar kompetensi itu sendiri bisa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu kompetensi manajeral dan teknik. Kompetensi teknik adalah keahlian yang bersangkutan dengan fungsional dari profesi yang digeluti, kemudian untuk kompetensi manajerial adalah kecakapan yang ada hubungannya dengan pengurusan pegawai dan cara mengembangkan hubungan dengan pegawai maupun orang lain.

Untuk menandakan jika Anda berkompetensi dan memiliki keahlian yang profesional dalam bidang profesi yang Anda geluti, Anda perlu melakukan tes kompetensi yang akan memberikan hasil apakah Anda memiliki kompetensi sebagai profesional atau belum.

Seseorang yang kompeten akan ditegaskan dengan diberikannya sertifikat profesi dari lembaga sertifikasi profesi yang terlisensi BNSP, dengan mendapatkan sertifikasi kompetensi ini dapat menjelaskan dan menambah kredibilitas Anda. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin lebih berhasil di profesi yang Anda tekuni, sangat disarankan untuk bisa ikut serta dalam uji kompetensi di Lembaga uji Sertifikasi Profesi yang terlisensi BNSP.

Supaya bisa memperoleh sertifikasi profesi BNSP ini para tenaga kerja supaya mengikuti training untuk bisa sukses ujian kompetensi. Seperti di tempat kami PT Catra Indo Group mengadakan banyak pelatihan-pelatihan dan pembelajaran materi-materi yang dibutuhkan untuk bisa sukses dalam uji kompetensi dan meraih sertifikasi kompetensi profesi berlisensi BNSP.

Proses training akan dilakukan oleh trainer (asesor) yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Sehingga bisa dipastikan peserta yang akan menghadapi uji Kompetensi dapat lebih siap menghadapi tes uji kompetensi dan lebih besar peluang untuk lulus uji kompetensi.

Standar Kompetensi ProfesiSecara nasional standar kompetensi kerja yakni SKKNI dengan kepanjangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia, adalah definisi dari keahlian tenaga kerja yang meliputi aspek attitude, keahlian dan pengetahuan yang signifikan dengan pelaksanaan tugas dan syarat posisi yang ditentukan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Jika seorang bisa menguasai uji kompetensi tersebut dan memenuhi standar kompetensi maka dapat dikatakan tenaga tersebut telah menguasai:

1. Task Skill / Transfer
2. Skill Task management
3. Skill Contigency Skill Environment Skill

Standar kompetensi kerja nasional Indonesia bisa dimanfaatkan pada lembaga-lembaga yang ada misalnya lembaga pendidikan, perusahaan, dan lembaga sertifikasi profesi.
Pada Lembaga Pendidikan Dan Pelatihan

Standar kompetesi kerja dapat dimanfaatkan menjadi pedoman dalam merancang kurikulum berbasis kompetensi dan pengembangan pengajaran, dan juga dapat menunjang konsistensi di dalam melakukan proses pelatihan dan pendidikan, dan juga di dalam menentukan kualifikasi.

Pada Perusahaan / Dunia Usaha
Standar kompetensi kerja nasional Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai alat manajemen, antara lain dalam:

  • Membantu dalam penentuan organisasi kerja dan penentuan posisi.
  • Membantu di dalam evaluasi karyawan dan pengembangannya.
  • Memudahkan dalam perekrutan tenaga kerja baru.
  • Membantu dan memudahkandalam proses perkembangan program yang bentuknya spesifik untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Pada Lembaga Sertifikasi Profesi
Standar kompetensi kerja nasional Indonesia bisa dimanfaatkan dalam referensi di dalam menata:

  • Standar kualifikasi
  • Alat ukur pengujian dan kriteria pengujian

Mengapa Harus Memiliki Sertifikasi BNSP

Mengapa Harus Mempunyai Sertifikasi BNSP
Mengapa Harus Mempunyai Sertifikasi BNSP

Kita harus paham bahwa dunia kerja di tingkat nasional dan bahkan internasional pada saat ini menuntut untuk adanya tenaga kerja yang mempunyai penguasaan ilmu materi dan keahlian di setiap bidang profesinya. Banyak sekali perusahaan yang mengeluarkan ketentuan supaya tenaga kerjanya memiliki sertifikasi profesi yang kredibel.

Beberapa negara bahkan sudah banyak yang membuat aturan bahwa tenaga kerja yang ingin bekerja haruslah mendapatkan sertifikasi kompetensi yang terlisensi oleh lembaga Negara yang sah.

Dan berikut alasan kenapa harus memiliki sertifikasi Profesi BNSP:
1. Membuktikan kepada perusahaan bahwa “saya mempunyai pengetahuan dan keahlian” pada bidang yang ditekuni.
2. Memperoleh pengakuan kompetensi profesi secara nasional.
3. Meningkatkan keyakinan diri akan kemampuan sendiri
4. Menjadi kelebihan tersendiri bagi pencari kerja dalam proses rekruitmen
5. Untuk memenuhi tuntutan sistem industri (ISO, SNI) yang mempersyaratkanagar personil tenaga kerja supaya memiliki sertifikasi profesi resmi.

Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP
Manfaat Memiliki Sertifikasi BNSP

Di jaman Globalisasi ini saingan dunia bisnis makin hari semakin meningkat dan semakin banyak persaingan baik itu terjadi dari berbagai ragam jenis usaha. Supaya bisa berdampingan dalam bisnis dan juga memperoleh rangking yang bagus di dunia perindustrian pada saat ini, untuk masing-masing orang diminta untuk mampu mendapatkan kemampuan dan kecakapan yang terbukti dan diakui secara nasional.

Setiap individu apabila dapat menguasai segala keterampilan dan keahlian yang ada di bidang profesi yang ditekuninya, dan dengan adanya legalisasi yang resmi menurut hukum kalau benar tenaga kerja itu terlatih, maka bukan tak mungkin peserta uji kompetensi tersebut untuk prospek kedepannya akan mendapatkan posisi di dunia kerja yang lebih baik, apalagi untuk jenjang karier berikutnya pun maka bukan tak mungkin akan lebih terjamin.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, maka negara membangun dan juga membentuk Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk membuat program sertifikasi BNSP. Sertifikat BNSP ini nantinya bisa dijadikan sebagai bahan penilaian dan data bahwa yang berhubungan memang memiliki keterampilan dan berkompeten di bidangnya, untuk sertifikasi profesi BNSP yang didapat pun diakui menurut hukum dan bersifat nasional.

Sertifikasi profesi BNSP bukan hanya bisa digunakan untuk mencari pekerjaan dalam negeri saja, akan tetapi bisa berfungsi untuk mencari kesempatan berkarier sampai ke tingkat internasional, karena sudah diakui juga oleh negara-negara lainnya.

BNSP dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan rekognisi daya saing tenaga kerja di berbagai bidang ekonomi. Sertifikasi profesi BNSP hanya mempunyai dua ketetapan, yaitu Kompeten atau Belum Kompeten.

Prosedur yang mesti dilewati untuk memperoleh sertifikasi BNSP pun tidak semudah mendapatkan sertifikasi seperti yang lain, di sini peserta harus diuji dengan melewati beberapa ujian. Bila peserta yang bersangkutan mendapatkan penilaian yang memenuhi dan lulus dari standar kompetensi dari BNSP, berikutnya akan ditetapkan lulus selanjutnya akan diberikan sertifikasi profesi berlisensi BNSP.

Setelah menjalani banyak tahapan untuk mempunyai sertifikasi profesi BNSP tersebut, ada beberapa manfaat yang diperoleh, apa saja itu, mari simak ulasan berikut ini:

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Akan Kemampuan Yang Dimiliki

Untuk yang baru terjun di dunia Industri, sertifikat BNSP bisa menumbuhkan rasa percaya diri dalam mencari pekerjaan. Karena sudah memperoleh sertifikasi profesi BNSP maka berarti pekerja tersebut telah terbukti memiliki kemampuan yang telah teruji oleh penguji profesional yang berpengalaman dan sudah mendapatkan lisensi BNSP.

Hal ini akan menjadi nilai tambah di mata perusahaan, ya meskipun orang tersebut merupakan lulusan baru yang masih belum punya pengalaman bekerja.

Selanjutnya untuk karyawan tetap, dengan memperoleh sertifikasi profesi berlisensi BNSP juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam bekerja. Dengan keterampilan yang sudah terbukti maka bisa menambah kepercayaan diri bahwa ia dapat mengerjakan perkerjaannya dengan lancar.

  1. Mengukur Tingkatan Kemampuan Dan Keahlian Yang Dimiliki

Sertifikat BNSP memberikan keterangan tentang keahlian pekerja tersebut dari bidang profesi yang dilakoninya. Hasil ujian bisa menerangkan bahwa keterampilan yang dikuasai belum mencukupi atau mencukupi. Apabila belum kompeten, artinya Anda belum memenuhi persyaratan jadi Anda perlu harus meningkatkan keahlian lagi.

Jika telah kompeten bukan berarti Anda boleh berhenti belajar, melainkan Anda masih mempunyai lebih banyak kesempatan lagi untuk tumbuh untuk meningkatkan karier Anda. Dan supaya terus mengasah keterampilan supaya keahlian tersebut tetap terlatih.

  1. Meningkatkan Akses Untuk Mengembangkan Diri

Dari beberapa cara, ada salah satu cara yang bisa dipilih untuk mendorong pertumbuhan karierdi dunia bisnis adalah dengan mempunyai sertifikasi profesi berlisensi BNSP.

Sertifikasi kompetensi profesi BNSP yang Anda raih dapat digunakan untuk tingkat Nasional, hal itu juga berlaku dan bisa dipakai pada hubungan antar negara khususnya di Asia. Ini bisa memacu orang yang bersangkutan untuk membantu peningkatan kemampuan dan keahlian ke tingkatan yang lebih tinggi.

Anda akan mempunyai banyak lagi kesempatan untuk memajukan karier menjadi yang lebih mapan di tempat kerja karena keahlian Anda dilihat lebih baik di bandingkan yang lainnya.

  1. Memudahkan Pihak Perusahaan Dalam Merekrut Tenaga Kerja Yang Lebih Ahli

Program sertifikat BNSP pastinya juga memiliki keuntungan untuk pihak perusahaan, yaitu untuk memudahkan perusahaan untuk proses seleksi penerimaan tenaga kerja baru. Pihak perusahaan akan lebih mudah menentukan kesimpulan mana yang memiliki keahlian yang lebih baik.

Tenaga kerja yang sudah pernah menjalani pelatihan sertifikasi BNSP, maka ia dilihat lebih dapat diandalkan dalam pekerjaan yang akan ia jalankan, apalagi bila ia sudah memperoleh sertifikasi profesi berlisensi BNSP.

Dengan adanya sertifikasi BNSP menunjukkan bahwa keterampilan yang didapatkan sudah lebih dari mencukupi, dan sudah diakui secara Nasional. Pengetahuan dan keahliannya hanya perlu diasah sekadarnya menyesuaikan dengan budaya dari perusahaan.

  1. Menambah produktivitas kerja

Sertifikasi BNSP bisa dijadikan informasi bahwa keterampilan dan keahlianAnda sudah diakui oleh negara bahwa Anda berkompeten dalam bidang profesi yang Anda geluti. Sebelum uji kompetensi diadakan, pihak lembaga sertifikasi rata-rata akan mempersiapkan pelatihan kepada pesertanya sebelum hari uji kompetensi dilakukan.

Training sertifikasi tersebut berfungsi untuk meningkatkan dan mempersiapkan keterampilan dam keahlian calon peserta agar mampu sukses dalam uji kompetensi dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Untuk perusahaan, karyawan yang telah lulus uji kompetensi oleh lembaga sertifikasi profesi, artinya mempunyai daya produktivitas kerja yang lebih unggul. Dirinya dinilai lebih kompeten dalam mengerjakan tugasnya secara efisiensi dan lebih minim dalam melakukankesalahan dalam bekerja.

Banyak sekali manfaat yang didapat dari mengikuti pelatihan uji sertifikasi serta jika berhasil mendapatkan sertifikasi berlisensi BNSP. Keinginan untuk terus belajar dan mengembangkan diri haruslah tetap dikembangkan agar pengetahuan yang didapat tidak sia-sia.

Agar tidak mengalami kegagalan dalam ujian kompetensi untuk mempunyai sertifikasi profesi berlisensi BNSP ini, dianjurkan calon peserta sebelumnya untuk mengikuti training dalam persiapan melaksanakan ujian kompetensi dengan pelatih atau Trainer yang berkompeten dalam bidangnya.

Kami punya referensi untuk Anda, PT CATRA INDO GROUP dapat menjadi solusi terbaik yang bisa Anda pilih. PT CATRA INDO GROUP merupakan lembaga yang menyiapkan berbagai pelatihan sertifikasi profesi untuk berbagai bidang berlisensi BNSP

PT CATRA INDO GROUP sebagai pusat informasi dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP dan uji kompetensi BNSP oleh Trainer atau Asesor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya yang juga telah mendapat lisensi dari BNSP.

Hubungi:

PT. CATRA INDO GROUP

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp. 0274-4541881, Fax 0274-4541881

WA/CALLĀ 0822 1326 2092

Website: www.catraindogroup.com

2 Responses

  1. Dyah says:

    Memang sudah seharusnya ada segala bentuk sertifikasi profesional di Indonesia. Di negara-negara lain, jadi nelayan juga harus ada sertifikasinya supaya mengambil ikannya tidak merusak alam dan tetap mampu menjaga kualitas hasil tangkapan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *