Blog

Pengertian Sertifikasi Profesi, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat Sertifikasi BNSP

Pada artikel kali ini saya akan memberi pengetahuan pada kalian tentang pengertian sertifikasi profesi, Tujuan , Fungsi, dan manfaat sertifikasi BNSP

Definisi Sertifikasi Profesi

Definisi Sertifikasi BNSP
Definisi Sertifikasi BNSP

Sertifikasi Profesi ialah suatu usaha pemerintah untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kualitas atau uji kompetensi tenaga kerja di dalam mekanisme teknis yang sudah dibuat oleh pemerintah melalui suatu Badan Lembaga pemerintah ataupun juga Kebudayaan di tempat, yang sudah bekerja sama dengan instansi pendidikan tinggi yang mempunyai kompeten yang pada akhirnya akan diberikan sertifikat pendidik kepada guru yang sudah dinyatakan standar keprofesionalannya.

Tenaga kerja yang sudah memperoleh suatu sertifikat kerja maka tenaga kerja tersebut sudah dinilai profesional didalam membuat suatu sistem praktik kerja yang sangat berkualitas. sehingga tenaga kerja yang telah memiliki sertifikat tenaga kerja hendaknya bisa membawa perubahan untuk pendidikan menjadi yang lebih baik dari segi proses ataupun segi output.

Adapun definisi atau pengertian dari :

Shoimin (2013:81)

Pengertian sertifikasi menurut Shoimin merupakan suatu proses pemberian sertifikat profesi kepada tenaga kerja Sertifikat profesi yang akan diberikan kepada tenaga kerja yang sudah memenuhi standar profesional. tenaga kerja profesional adalah syarat yang wajib untuk dapat menciptakan suatu sistem dan juga praktik pendidikan yang berkualitas.

Masnur Muslich (2007:2)

Pengertian sertifikasi menurut Masnur Muslich adalah suatu proses pemberian sertifikat pendidikan untuk tenaga kerja yang sudah memenuhi persyaratan yang tertentu, berupa kualifikasi akademik, kompetensi, sehat jasmani dan juga rohani, dan juga memiliki dimana kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, yang diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan yang layaknya.

Martinus Yamin (2006:2)

Pengertian sertifikasi menurut Martinus Yamin ialah pemberian sertifikasi pendidik kepada tenaga kerja dan juga bukti formal sebagai pengakuan yang akan diberikan kepada tenaga kerja sebagai tenaga kerja yang profesional.

Mulyasa (2007:34)

Pengertian sertifikasi menurut Mulyasa adalah proses uji kompetensi yang telah dibuat untuk mengungkapkan kekuasaan kompetensi seseorang sebagai landasan pemberian sertifikat profesi.

Sertifikasi Profesional

Sertifikat Profesional
Sertifikat Profesional

Istilah sertifikasi profesional itu sering digunakan untuk menunjukkan kemampuan dan kualifikasi seseorang berdasarkan penempilan atau kemampuan yang telah ditentukan oleh sebuah organisasi atau lembaga pengembangan ( biasanya sudah terakreditasi ).

Sertifikasi itu ditetapkan untuk tenaga kerja yang profesional, sering disebut dengan sertifikasi atau kualifikasi, agar menjamin kualifikasi dalam melakukan tugas atau pekerjaan tertentu.  Misalnya, pemberian sertifikasi kepada tenaga guru dapat diartikan sebagai suatu proses pemberian pengakuan bahwa seseorang telah memiliki kompetensi untuk melaksanakan pelayanan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu, setelah lulus uji kompetensi yang diselenggarakan oleh lembaga sertifikasi.

Dengan kata lain, sertifikasi guru adalah proses uji kompetensi yang dirancang untuk mengungkapkan penguasaan kompetensi seseorang sebagai landasan pemberian sertifikat pendidik (UU RI No 14 Tahun 2005 dalam Depdiknas, 2004).

Sertifikasi sangat umum digunakan dalam bidang konstruksi, penerbangan, teknologi, keuangan, lingkungan, sektor industri, bisnis, pendididikan, dan kesehatan. Di Amerika Serikat, Federal Aviation Administration (FAA) mengatur sertifikasi penerbang.

Certified Internal Auditor (CIA) merupakan sebuah organiasi berbasis di Amerika mengkhususkan diri dalam penilaian kinerja keuangan internal yang beroperasi di hampir 165 negara. Oragnisasi ini juga melakukan sertifikasi terhadap tenaga audit profesionalnya dalam memperoleh lisensi, dan pengembangan sumber daya manusia.

Sertifikasi yang diperoleh dari masyarakat profesional atau dari vendor sebuah peruhaan. Misalnya, Perusahaan Microsoft, Cisco, Machintos, dll). Secara umum, harus diperbaharui secara berkala, atau mungkin berlaku untuk suatu periode waktu tertentu (misalnya, masa pakai produk di mana seseorang dinyatakan). Sebagai bagian dari pembaharuan sertifikasi lengkap dari individu, itu adalah umum bagi individu untuk menunjukkan bukti belajar secara berkelanjutan.

Beberapa program yang digulirkan benar-benar independen dari organisasi keanggotaan asosiasi . Pertumbuhan program sertifikasi itu merupakan reaksi pada perubahan profesi kerja. Sertifikasi dilakukan  oleh beberapa asosiasi profesi, karena mereka tidak bergantung pada definisi satu perusahaan dari suatu pekerjaan tertentu saja tetapi juga kemungkinan digunakan oleh perusahaan lainnya. Sertifikasi diberikan sebagai resume dan referensi profesional yang menunjukkan bahwa seseorang telah layak dan sepadan dengan dukungan pengetahuan, pengalaman dan keterampilan profesional untuk bekerja menurut kode etik tertentu.

ini ada hal yang penting untuk dicatat bahwa sertifikasi biasanya sering diperoleh dari masyarakat yang profesional atau lembaga pendidikan, melainkan bukan dari pemerintah. Jika demonstrasi kemampuan atau pengetahuan yang diperlukanoleh hukum sebelum diperbolehkan untuk melakukan tugas atau pekerjaan, ini disebut sebagai lisensi. Di Amerika Serikat, lisensi profesional biasanya dikeluarkan oleh lembaga atau badan negara.

Penilaian proses sertifikasi untuk beberapa organisasi, sangat mirip atau bahkan sama dengan lisensi dan mungkin hanya berbeda dalam hal status hukumnya saja, sementara di organisasi lain, bisa sangat berbeda dan lebih komprehensif daripada lisensi. sertifikasi dan lisensi itu hanya berbeda pada status hukum.

Tujuan Sertifikasi Profesi

Tujuan Sertifikat BNSP
Tujuan Sertifikat BNSP

Tujuan Sertifikasi profesi untuk memastikan pada kompetensi seseorang yang telah didapatkan melalui pembelajaran, pelatihan, maupun pengalaman kerja. Dan sertifikasi diberikan oleh komunitas atau asosiasi profesi yang bisa mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional pada bidang tertentu.

Kredibilitas suatu sertifikasi sangat ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Di Indonesia ada Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang mengawasi konsistensi dan kredibiltas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas suatu profesi atau kompetensi tertentu.

Manfaat Sertifikasi Profesi

Manfaat Mempunyai Sertifikasi BNSP
Manfaat Sertifikasi BNSP

Manfaat uji sertifikasi profesi adalah sebagai berikut:

  1. Melindungi organisasi dan anggota profesi dari praktek penyelenggraan layanan sesuai tugas dan fungsi yang tidak kompeten sehingga dapat merusak citra organisasi profesi itu sendiri
  2. Melindungi masyarakat atau warga negara dari praktek layanan yang merugikan dan tidak dapat dipertanggungjawabkan dapat menghambat kepentingan yang lebih luas
  3. Mendorong upaya pembinaan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi yang dipersyaratkan oleh organisasi profesi
  4. Sebagai wahana dalam penjaminan mutu bagi lembaga atau organisasi profesi yang bertugas mempersiapkan anggotanya untuk memberikan layanan secara berkualitas
  5. Melindungi dan memelihara organisasi profesi dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya dari kepentingan internal dan eksternal yang berpotensi menimbulkan menyimpang dari ketentuan-ketentuan yang berlaku
  6. Sarana akuntabilitas publik
  7. Pengembangan karir dalam masyarakat bagi anggota profesi
  8. Menerapkan etika dan standar nilai yang mengatur kinerja dan layanan profesi

Jenis Sertifikasi

Sertifikasi BNSP
Sertifikasi BNSP

Organisasi setrtifikasi dilakukan karena kebutuhan pengembangan kompetensi pada tenaga atau organisasi yang bersangkutan seperti pembinaan tenaga pendamping masyarakat atau fasilitator .

Secara umum ada tiga jenis umum sertifikasi yang Tercantum dalam urutan tingkat pembangunan dan portabilitas, mereka adalah: perusahaan ( internal ), produk – spesifik, dan profesi.

  1. Sertifikasi perusahaan, atau internal yang dirancang oleh perusahaan atau organisasi untuk kebutuhan internal. Misalnya, perusahaan yang mungkin memerlukan kursus satu hari untuk pelatihan semua personil penjualan, setelah itu mereka akan menerima sertifikat. Sementara sertifikat ini memiliki portabilitas yang sangat terbatas khusunya untuk perusahaan lain.
  2. Sertifikasi produk spesifik sertifikasi yang lebih terlibat, dan dimaksudkan untuk dirujuk ke produk pada semua aplikasi. cara ini sangat umum di dunia teknologi infomasi  industri, di mana semua personil bersertifikat pada versinya. Jenis sertifikasi portabel di lokasi ( misalnya, perusahaan yang berbeda yang menggunakan sertifikatsi yang sama ), tetapi tidak seluruh produk lainnya.

Sertifikasi profesi dilakukan untuk kompetensi atau keahlian khusus. Misalnya profesi medis yang sering membutuhkan tenaga ahli atau spesialisasi tertentu untuk memberikan pelayanan pada pasien nya. Sertifikasi profesi itu dilakukan untuk menerapkan standar yang lebih profesional atau meningkatkan tingkat praktek, dan mungkin melindungi masyarakat ( meskipun ini juga merupakan domain dari lisensi ), sebuah organisasi profesional yang mungkin menetapkan sertifikasi.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menjadikan acuan bagi semua tempat dimana seorang profesional bersertifikat mungkin bekerja. Tentu saja, hal ini membutuhkan pola penilaian dan pertanggungjawaban secara hukum dari seluruh profesi yang ada.

Untuk mendapatkan sertifikasi kompetensi BNSP ini, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menghubungi kami PT CATRA INDO GROUP yang merupakan lembaga yang menyediakan berbagai pelatihan sertifikasi profesi berbagai bidang berlisensi BNSP.

PT CATRA INDO GROUP sebagai pusat informasi dan pelatihan vokasi berbasis kompetensi dengan sertifikasi BNSP dan uji kompetensi BNSP oleh Asesor yang ahli dan berpengalaman di bidangnya yang juga telah mendapat lisensi dari BNSP.

Hubungi kami:

PT. CATRA INDO GROUP

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp. 0274-4541881, Fax 0274-4541881

WA/CALL 0822 1326 2092

Website: www.catraindogroup.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *