Blog

Cara Pengajuan Pendaftaran Uji Kompetensi Untuk Sertifikasi BNSP Berbasis Kompetensi

Ini Dia Cara Pengajuan Pendaftaran Uji Kompetensi Untuk Sertifikasi BNSP Berbasis Kompetensi

Perlu diketahui bahwa Sertifikasi Kompetensi adalah serangkainan proses didalam pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara objektif dan berurutan melalui tahap uji kompetensi yang memiliki acuan terhadap standar kompetensi kerja. Dengan adanya sertifikasi BNSP Kompetensi ini akan menjadi bentuk sekaligus pengakuan atas diri sesorang yang sudah terampil, memiliki skil dan tentunya sudah teruji. Adapun proses sertifikasi Kompetensi ini silakukan oleh Lembasa Sertifikasi Profesi (LSP) yang memiliki Lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Uji Kompetensi Untuk Sertifikasi BNSP Berbasis Kompetensi

Yang menjadi pertanyaan adalah, Bagaimaan Cara Pengajuan pendaftaran Uji Kompetensi Sertifikasi BNSP.

Sertifikasi BNSP bisa diikuti oleh setiap tenaga kerja yang diakaui serta bersifat transparan. Untuk uji Kompetensi dilakukan dengan system penilaian yang teknis dan non teknis yang terkait dengan bukti yang relevan untuk memberikan penentuan assesmen. Sedangkan prinsip prinsip yang dipegang teguh dalam proses uji kompetensi adalah efektif, efisien, fleksibel, adil, reliabel, valid dan berpusat pada peserta uji Kompetensi.

Untuk menjadi peserta uji kompetensi ini dapat seseorang tenaga kerja yang memiliki latar belakang Pendidikan yang sesuai, tenagan kerja yang mengikuti pelatihan atau tenaga kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan standar kompetensi yang diujikan.

Bagi mereka yang ingin mengikuti uji kompetensi, maka silahkan untuk mendaftarkan diri ke Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang sesuai dengan profesi atau bidangnya. Pendaftaran maupun permohoman untuk bergabung dipelatihan uji kompetensi bisa dilakukan setelah pengumuman pendaftaran dan kemasan sertifikasi yang diujikan.

Ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh LSP kepada calon peserta atau penagjuan permohonan. Yaitu proses pra-assessment kepada calon peserta uji kompetensi berupa proses wawancara dan penilaian terhadap bukti pendukung terhadap kompetensi dari calon peserta. Adapun tujuan dari proses pra-assessment ini adalah untuk menilai kesiapan dan kemampuan calon peserta dalam mengikuti proses uji kompetensi. Bagi peserta yang sudah siap akan lanjut mengikuti proses uji kompetensi. Namun bagi peserta yang belum siap, maka sangat disarankan untuk mengikuti proses pelatihan berbasis kompetensi yang sesuai dengan uji kompetensi Sertifikasi BNSP yang diambil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *