Blog

Tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP)

BNSP merupakan singkatan dari Badan Negara Sertifikasi Profesi, yaitu merupakan sebuah lembaga independen yang dibentuk oleh pemerintah yang berlandaskan undang-undang Nomor 13 tahun 2003 mengenai Ketenagakerjaan.

BNSP adalah badan independen yang memiliki tanggung jawab langsung kepada Presiden yang mempunyai kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan memiliki tugas untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

BNSP bekerja guna menjamin mutu kompetensi dan pengakuan tenaga kerja pada semua sektor bidang profesi di Indonesia dengan melalui proses sertifikasi. BNSP mempunyai kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan memiliki tugas untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi untuk tenaga kerja.

Tujuan dari pembentukan BNSP sendiri adalah bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam proses untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berkompeten.

BNSP dibentuk untuk menjadi bagian integral dari pengembangan paradigma baru untuk mempersiapkan tenaga kerja yang berkualitas. Hal ini tentunya berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan dalam paradigma baru memiliki dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu:

Yang pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas apa yang menjadi kebutuhan pengguna (Demand Driven), dan yang kedua yaitu pada proses diklat sebagai sarana penyiapan tenaga kerja yang dijalankan dengan melalui pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT).

Paradigma baru pada Pengembangan sistem tenaga kerja ini baru dijalankan awal tahun 2000 yang telah dimulai semenjak ditandatanganinya  Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, dan Ketua Umum Kadin Indonesia.

Fungsi dan Tugas Pokok BNSP

pelatihan sertifikasi BNSP
pelatihan sertifikasi BNSP

Sesuai dengan PP No 23 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi, Fungsi dan Tugas Pokok BNSP adalah sebagai otoritas sertifikasi personil, ini tercermin terutama pada pasal 4, di antaranya pada:

Ayat 1, Guna terlaksananya tugas sertifikasi kompetensi kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, BNSP dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi yang memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. Ayat 2) Ketentuan mengenai persyaratan dan tata cara pemberian lisensi lembaga sertifikasi profesi sebagaimana dimaksud dalam ayat 1 ditetapkan lebih lanjut oleh BNSP.

Sertifikasi BNSP

Sertifikasi BNSP Bidang Loading Master
Sertifikasi BNSP Bidang Loading Master

Sertifikasi profesi dari BNSP memiliki tujuan untuk memastikan bahwa kompetensi seseorang yang telah diperoleh melalui pembelajaran, pelatihan, ataupun dari pengalaman kerja diakui secara hukum bahwa yang bersangkutan memang kompeten dalam bidangnya tersebut.

Untuk sertifikasi biasanya diberikan oleh organisasi atau asosiasi profesi yang mengerti dan mengetahui dengan pasti suatu kompetensi profesional dalam bidang tertentu.

Orang atau tenaga kerja yang mendapatkan sertifikasi dari organisasi atau asosiasi artinya mendapatkan pengakuan bahwa yang bersangkutan dinyatakan kompeten pada bidang tersebut. Kredibilitas dari sertifikat tersebut ditentukan oleh organisasi atau lembaga pemberi sertifikasinya.

Di Indonesia terdapat BNSP (Badan Negara Sertifikasi Profesi) yang mengawasi konsistensi dan kredibilitas Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memberikan sertifikat atas kompetensi tertentu. BNSP akan memberikan lisensi kepada LSP yang dinilai dan diakui sudah kredibel untuk diberikan sertifikasi.

Manfaat dari Mendapatkan Sertifikasi Profesi

Manfaat Dari Pelatihan Profesi BNSP
Manfaat Dari Pelatihan Profesi BNSP

Mempunyai sertifikasi akan memberikan nilai tambah tersendiri bagi Anda di hadapan Klien atau perusahaan. Sertifikasi membuktikan bahwa kompetensi Anda telah di evaluasi dan diakui oleh pihak ketiga. Perlu diingat bahwa kredibilitas diperoleh tergantung pada kredibilitas lembaga yang mengeluarkan.

Dalam beberapa bidang profesi, sertifikasi terkadang menjadi suatu persyaratan untuk memperoleh pekerjaan tersebut. Sebagai contohnya: sertifikasi untuk K3, akuntan publik, dan lain sebagainya.

Sebuah sertifikasi berbasis kompetensi ini memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat sertifikasi BNSP di antaranya yaitu:

  • Untuk menambah keyakinan terhadap perusahaan bahwa dirinya berkompeten dalam bidangnya.
  • Sebagai bukti bahwa dirinya mampu bekerja dengan baik dalam bidang yang sudah dikuasainya
  • Meningkatkan prospek karier diri dalam bekerja

Bagi yang sudah profesional, memiliki sertifikasi akan memberikan sejumlah manfaat di antaranya:

  • Mempunyai keunggulan kompetitif jika dibanding dengan kandidat yang tidak memiliki sertifikat.
  • Mempunyai peluang untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Mempunyai peluang yang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan setelah pensiun.
  • Mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan promosi naik jabatan.
  • Bisa digunakan untuk menunjang karie

Untuk perusahaan sendiri, dengan adanya sertifikasi ini juga menghasilkan sejumlah keuntungan, di antaranya yaitu:

  • Mempermudah menemukan kandidat yang tepat dalam proses rekrutmen
  • Mempermudah divisi Human Resources (HR) untuk penyusunan pengembangan karier dan remunerasi berbasis kompetensi
  • Dapat meningkatkan kepercayaan dari klien atau konsumen bahwa produk dibuat oleh tenaga kerja yang kompeten.

Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP

Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP
Cara Mendapatkan Sertifikasi BNSP

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari kita mendapatkan sertifikat kompetensi profesi, lalu yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah bagaimana cara mendapatkan sertifikasi kompetensi profesi tersebut, bagi tenaga kerja, atau untuk profesi lainnya khususnya tenaga pengajar seperti guru, dosen, trainer, instruktur, dan lain sebagainya, karena sangat penting sebagai penunjang karier dan pengembangan diri.

Sebelum Anda mendapatkan sertifikasi profesi ini, Anda sebelumnya harus mengerti terlebih dulu tentang kompetensi yang Anda miliki untuk membantu mendapatkan sertifikasi profesi.

Perlu Anda ketahui bahwa Anda diakui berkompeten jika memenuhi beberapa aspek gabungan seperti pengetahuan, keterampilan dan juga attitude. Semua itu dapat dilihat dari bagaimana cara kerja Anda.

Kemudian untuk membuktikan bahwa Anda berkompeten dalam bidang yang Anda jalani, maka Anda perlu melakukan uji kompetensi. Uji kompetensi akan membuktikan hasil bahwa Anda memang berkompeten secara profesional atau belum.

Dengan mempunyai sertifikasi profesi, ini akan sangat meningkatkan nilai Anda pada bidang yang Anda geluti. Kredibilitas Anda juga akan ikut naik dengan adanya sertifikasi profesi.

Oleh sebab itu untuk Anda tenaga kerja yang khususnya berprofesi sebagai tenaga pengajar, dan ingin mendapatkan sertifikasi profesi, Anda dapat mendapatkannya dengan mengikuti uji kompetensi di lembaga-lembaga sertifikasi profesi yang telah diakui oleh BNSP.

Salah satu lembaga terpercaya yang telah diakui oleh BNSP, Anda dapat memilih PT Catra Indo Group.

PT. CATRA INDO GROUP Berlisensi BNSP

PT. CATRA INDO GROUP Berlisensi BNSP
PT. CATRA INDO GROUP Berlisensi BNSP

PT Catra Indo Group merupakan perusahaan terpercaya yang bergerak dalam bidang jasa pelatihan sumber daya maanusia. PT Catra Indo Group telah diakui dan telah dilegalkan  di Akta Notaris dan PPAT Yogyakarta dan telah mendapatkan lisensi dari BNSP.

Dalam menghadapi era globalisasi yang makin penuh dengan persaingan ini, terutama pada pasar bebas dengan persaingan kompetisi sumber daya manusianya yang semakin ketat. Maka untuk menghadapinya diperlukan peningkatan kemampuan yang diakui di bidangnya masing-masing untuk menghindari terjadinya marginalisasi tenaga kerja lokal.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka kami Catra Indo Group Training dan Consulting hadir memberikan solusi bagi Anda yang ingin memiliki sertifikat kompetensi dalam profesi di bidang yang digelutinya.

Kenapa Harus PT Catra Indo Group

Catra Indo Group Training dan Consulting merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang Sumber Daya Manusia yang telah dilegalkan dan telah memiliki lisensi dari BNSP. Untuk trainer dan uji kompetensi dilakukan oleh Asesor dari LSP yang telah berlisensi BNSP.

PT Catra Indo Group Training dan Consulting merupakan lembaga yang bersifat independen dan professional membangun dan mengembangkan standarisasi kompetensi tenaga kerja, pendampingan dan pelatihan-pelatihan yang dilakukan oleh trainer berpengalaman dan terlisensi BNSP, hingga pelayanan yang memuaskan dan pendampingan dari awal hingga akhir untuk Anda, sehingga besar peluang untuk mendapatkan sertifikasi profesi dari BNSP.

Dalam perkembangannya, Catra Indo Group Training dan Consulting menjadi salah satu rujukan profesionalisme bagi banyak industri. Hal ini dikarenakan dalam proses sertifikasi selalu berdasarkan standar internasional dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), dan dalam persiapan serta penyelenggaraannya menggunakan Asesor yang berkompeten dan berpengalaman di bidangnya.

Dengan memiliki sertifikat kompetensi, hal tersebut membuktikaan bahwa pemilik sertifikat memang memiliki kompetensi dalam bidang tersebut. Ini dapat dijadikan sebagai bukti dan pendukung untuk melamar pekerjaan, menunjang karier dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami di jam kerja setiap Senin-Jum’at, 08.00-16.00 WIB. Hubungi pada kontak berikut ini:

Hubungi Kami

PT Catra Indo Group

Ruko Moksa 1, Jalan Raya Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

Telp.( 0274-4541881) atau  WA/CALL 0822 1326 2092

Website : www.catraindogroup.com

Email : catraindogroup@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *