Blog

Bagaimana Kebijakan Sertifikasi BNSP Kompetensi untuk Tenaga Kerja

Bagaimana Kebijakan Sertifikasi BNSP Kompetensi untuk Tenaga Kerja

Sertifikasi BNSP kompetensi menjadi salah satu perwujudan untuk menghargai sekaligus mengakui kompetensi untuk tenaga kerja tertentu sesuai dengan bidang kerja yang dimasuki. Mengacu pada cara untuk mendapatkan sertifikasi, maka sertifikasi kompetensi adalah sebuah proses yang dilakukan secara sistematis dan objektif berdasarkan serangkaian uji kompetensi yang mengacu pada standar yang telah ditetapkan. Dalam hal ini, standar yang dijadikan acuan adalah standar kompetensi kerja nasional Indonesia SKKI atau pun mengacu pada standar internasional, kedua landasan hukum tersebut sudah tercantum pada PP 23/2004.

Sertifikasi BNSP Kompetensi untuk Tenaga Kerja

Penggunaan sertifikasi BNSP didasarkan pada berbagai ketentuan pemerintah yang mengatur tentang ketenagakerjaan. Bagi individu yang memegang sertifikasi ini, maka sertifikasi tersebut menjadi bukti bahwa individu tersebut merupakan individu yang kompeten dibidang.

Dasar Hukum Sertifikasi BNSP Kompetensi

Adapun dasar hukum yang mengatur tentang pemberian sertifikasi kompetensi profesi tertuang pada

  • Pasal 18 UU 13/2003 dimana tenaga kerja yang kompeten berhak untuk mendapatkan pengakuan atas kompetensi melalui proses uji sertifikasi kompetensi profesi
  • Undang Undang Perinsdustrian 3/2014 yang menjelaskan bahwasanya setiap perusahaan industry dan atau Kawasan industry wajib memperkerjakan tenaga kerja industry yang memenuhi standar kompetensi.
  • Undang Undang 20/2004
  • UU 12/2012 Pembahasan tentang DIKTI
  • PERMENDIKBUD 81/2014 yang menjelaskan bahwasanya ijazah, sertifikatkompetensiu dan juga sertifikat profesi Pendidikan tinggi.

Mengacu pada dasar dasar hukum diatas dan manfaat yang didapatkan baik untuk perusahaan industry maupun untuk individu maka uji kompetensi dengan sertifikasi Kompetensi BNSP menjadi urgen akan terciptanya lingkungan industry yang terus berkembang lebih maju dan juga menjadi tuntukan dari industry itu sendiri maupun organisasi.

Tujuan Sertifikasi BNSP Kompetensi

Tujuan sertifikasi BNSP sendiri untuk pengembangan kometensi sumber daya manusia yang dapat menghasilkan produk dan jasa. Dengan adanya sertifikasi maka tenaga kerja bisa kompeten dan paham dengan system industry atau sebuah organiasi . untuk mendukung tenaga kerja diera globalisasi dan era industry di jaman sekarang ini maka sertifikasi menjadi sangat urgen.

Berminat untuk mendapatkan sertifikasi BNSP dengan harga yang terjangkau, silahkan hubungi kami karena kami menyediakan berbagai pelatihan maupun seminar workshop untuk berbagai macam sertifikasi BNSP bidang kerja khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *